MENGUAK ISU SANTET BANYUWANGI

1 04 2008

Salah satu kelompok masyarakat adat yang memiliki tradisi unik dan langka di daerah Jawa Timur adalah suku using. Kelompok masyarakat yang terletak di daerah pinggiran Banyuwangi ini memiliki tradisi lisan warisan kerajaan Blambangan, yakni tidak lain adalah memuja mantra. Mantra adalah Do’a Sakral kesukuan yang mengandung Magis dan berkekuatan Ghoib.
Diantara mantra yang sering dipakai adalah Sabuk Mangir dan Jaran Goyang. Kedua mantra ini masing masing memiliki kekuatan magis yang berlainan. Sabuk Mangir merupakan mantra yang pada prakteknya digunakan untuk pengasihan(mendapatkan jodoh) secara halus. Sedangkan Jaran Goyang merupakan mantra yang digunakan untuk pengasihan secara kasar.
Buku Memuja Mantra; Sabuk Mangir dan Jaran Goyang Masyarakat Suku Using Banyuwangi berusaha membahas secara komprehensif ihwal praktek santet suku Using Banyuwangi. Buku yang ditulis oleh Heru S. Saputra, Dosen Universitas Jember (UNEJ) ini berangkat dari penelitian lapangannya di tiga tempat desa kultural Using yang berbasis mantra seperti Desa Kemiren dan Olehsari (keduanya di Kecamatan Gajah) serta Mangir (Kecamatan Rojogampi).
Tradisi bermantra sebenarnya sejak lama telah mengakar kuat dalam kehidupan kelompok etnik Using. Pada dasarnya, masyarakat Using memiliki berbagai macam mantra. Namun secara garis besar dapat dipilah menjadi tiga jenis. Pertama, mantra berjenis santet yang berfungsi sebagai pengasihan- kemudian dikenal dengan istilah – magi kuning jika mengandung positif dan magi merah jika mengandung negative. Kedua, mantra berjenis sihir yang bersifat merusak dan berpotensi menghilangkan nyawa- kemudian dikenal dengan istilah – magi hitam. Ketiga, mantra yang bersifat positif, yakni mantra yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit- kemudian dikenal dengan istilah magi putih.
Artikel hanya membahas pada mantra berjenis santet, yakni mantra Sabuk Mangir dan Mantra Jaran Goyang. Alasannya dua mantra inilah yang sering digunakan masyarakat Using. Magi bagi masyarakat Using merupakan sesuatu yang diyakini mampu memberi kekuatan ghaib dan mampu mempengaruhi alam pikiran dan prilaku seseorang. Sedangkan santet merupakan salah satu jenis ngelmu yang dimiliki masyarakat using, yakni ngelmu pengasihan.
Pada umumnya, Mantra Sabuk Mangir digunakan oleh para kawula muda untuk mendapatkan jodoh. Mereka melakukan mantra ini dilandasi dengan ketulusan hati, yakni untuk mendapatkan kebahagiaan secara hakiki. Proses bekerjanya kekuatan magi pada mantra Sabuk Mangir berjalan dengan halus atau pelan – pelan sehingga seseorang yang terkena oleh mantra tersebut tidak akan menyadari bahwa dirinya terkena ngelmu ghaib. Oleh karena itu, pengaruh kekuatan magi terhadap kesadaran seseorang terasa alami.
Mantra yang dapat digunakan oleh laki-laki untuk memikat perempuan atau digunakan oleh perempuan untuk memikat laki-laki ini tidak memiliki dampak social yang berarti. Sementara itu, Mantra Jaran Goyang termasuk jenis Mantra santet bermagi merah digunakan untuk pengasihan ( percintaan ) antarinividu dengan diwarnai rasa dendam. Proses bekerjanya kekuatan magi pada mantra Jaran Goyang berjalan lebih kasar atau cepat sehingga seseorang yang terkena mantra akan berprilaku tidakwajar atau tidak alami. Pada umumnya, Mantra Jaran Goyang ini digunakan oleh laki-laki untuk memikat perempuan. Namun, mantra Jaran Goyang ini memiliki dampak social yang negative, baik bagi si subjek ( pemantra ) maupun si objek. Selain itu, hasil pemanfaatan mantra Jaran Goyang bersifat fariatif dari tingkatan tergila-gila sampai gila beneran.
Fungsi mantra Sabuk Mangir dan Jaran Goyang bagi masyarakat using dapat dipilah menjadi dua fungsi individual dan social. Fungsi individual tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan psoikis dan biologis Sementara itu, fungsi sosial mantra Sabuk Mangir dan Jaran Goyang dapat bersifat integrative ( menyatu ) dan disintegratif ( memisah). Kedua fungsi ini berlaku ketika mereka tidak mampu memanfaatkan mekanisme budaya lokal. Budaya local yang digunakan untuk mencari jodoh misalnya Gredhoan ( mencari jodoh sesuan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW ), Bathokan ( mencari jodoh dengan memanfaatkan media warung tradisional ) dan Mlayokaken atau Colongan ( mencari jodoh dengan cara melarikan atau mencuri pacar untuk dinikahi ). Selain fungsi utama sebagai pranata social tradisional, fungsi social lain mantra Sabuk Mangir dan Jaran Goyang adalah sebagai penekan atau pemaksa berlakunya tata nilai dalam masyarakat, sebagai peningkatan perasaan solidaritas kelompok, dan sebagai penebal kekuatan emosi religiusitas atau kepercayaan terhadap kekuatan supranatural.
Hal ini merupakan potret khasanah tradisi local masyarakat Using Jawa Timur yang tergolong langka. Selain berusaha membuka tabir teka-teki mantra, juga membahas secara gamblang misteri santet. Sebuah artikel yang berusaha menguak sisi lain kehidupan abad modern melalui kajian antropologis.
Referensi:
Judul Buku : Memuja Mantra; Sabuk Mangir dan Jaran Goyang Masyarakat Suku Using Banyuwangi.
Penulis : Heru S. P. Saputra
Penerbit : LKiS, Yogyakarta
Cetakan : Pertama, September 2007
Tebal : xxxix + 394 halaman
Peresensi : Ahmad Hasan MS,Pustakawan KUTUB Yogyakarta. Domisili di Jl Parangtritis KM 07 Cabeyan Panggungharjo Bantul

About these ads

Actions

Information

20 responses

10 05 2008
herihidayat

mas kenapa ga di atampilkan “mantra jaran goyang nya” mungkin pengunjung perlu itu

15 10 2008
romdan

saya takutnya kalo tak kasih mantra “jaran goyang”, nanti anda malah goyang terus kayak penyanyi dangdut…he5x…

15 02 2009
enda

gus tampilin mantra sabuk mangirr?

18 02 2009
Anonymous

c

19 03 2009
lulus sutopo

thanks yo kang…
Mampir nang blogku yo…

21 03 2009
romdan

aduh…aduh…kok malah pesen mantra sich….

MAAF, DISINI TIDAK DIPERJUAL BELIKAN MANTRA

kalau mau mantra tersebut…silahkan berguru ke Banyuwangi aj

heheheheheheh…..

21 03 2009
romdan

buat mas lulus sutopo:

thx kang…kapan2 tak mampir ke blog pyan….ngomong2 di suguhi kopi gak…???

31 05 2009
armanda rizki

mantra yg di buku kalo di ikutin manjur gak yahhh…….?he3x

11 06 2009
bayu

isunyo wong osing lo, entok nggak milu2 cangkrukan

11 06 2009
tian

ni mantra jaran goyang:
ajiku jaran goyang tak goyang eng tengae latar
sun sebarake gunung gugur kayu rubuh
sun sebarake segoro asat(kapan asate yo…?hi3…)
sido lamun siro marang aku si jabang bayine(nama gebetan ……..)
sido stres karo aku lan aku setres pisan ,berarti yang baca ini dikit aja stres….ha3….

12 06 2009
romdan

@ tian
wah bagus bgt itu mantranya…bolh copy kah….????

12 06 2009
romdan

@ bayu
mangga..mangga…manis asem asin ramai rasanya….
silahkan cangkruan….jgn lupa ngbrol sambil ngopi….oyi….????

12 06 2009
romdan

@ arman
moga aja manjur….kl gak manjur coba datang aj ke mak erot…hehehe
tp kl mak erot katanya udah ninggal, coba datang aj ke anaknya, namanya mak irit, hehehe….

4 07 2009
namdasa

ampuh mana sama leak bali yang ke sohor itu??.

9 07 2009
joehan_cloth

klw buat memikat cewe mantra jaran goyang sama semar mesem ampuhan mana om…

19 07 2009
romdan

@joehan: menurut penelitian, setelah saya lakukan uji coba dengan beberapa pertimbangan ternyata yang paling ampuh itu “jaran mesem” yakni penggabungan antara mantera “jaran goyang” dan “semar mesem”…hehehe

27 11 2009
Rudi

Santet osing dah kalah ampuh ma santet jepang….,mo coba bukti n praktek!?
U ke rental mobil trus pinjem mobil buatan jepang,terserah modelnya,bisa inova,avanza ato jazz, lalu u nongkrong didpn smu ato smea, sambil iseng2 godain cwek. Kalo msh g dpt coba u ngaca dulu ke spion,sapa tau wajahmu aja yg nyebelin tuk dilihat, …..

2 11 2010
dikei

eh……..tak bilangin …….jaran goyang ato.. sabuk mangir jangan buat bahan becanda…..kalo ada yng gak trima…..pisau tu masuk ke perut kalian…….. q cuma ngingetin……coz aq orang mangir ‘ banyuwangi

31 10 2011
andi

gan, bisa kasih info nama & alamatnya tempat cari pengasihan jaran goyang dan sabuk mangir…
saya perlu banget gan…
kalau ada info tlong kirim ke email saya gan…
terima kasih gan…

16 08 2012
mueyre

waduuhh pada ngmng apa sih mas2 nih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: