NASI TEMPONG – masakan khas Banyuwangi

1 04 2008

Lagi-lagi ini yang unik. Jenis nasi yang merakyat dikalangan masyarakat Banyuwangi. Saya juga kesempatan cicipi makanan ini di sebuah warung didekat pusat kota Banyuwangi beberapa tahun silam. Sebenarnya hanya nasi biasa yang diambil dengan cara seperti menampar segenggam nasi ke piring (biasanya sih daun pisang atau dialasi daun pisang).

Porsinya pun kecil sampai-sampai disejajarkan dengan sego kucing (nasi kucing) di Solo dan Jogja…sambelnyapun luar biasa pedesnya. Sedang lauknya? standar-standar saja..yang jelas tempe, tahu, atau genjer rebus, ikan asin goreng, ayam, daging, bothok tawon dan kawan-kawannya..

Makanan kayak gini pasti dech bikin pengen nambah, secara porsi kecilnya itu..nah, kata TEMPONG sendiri artinya MENAMPAR dalam dialek setempat. Di berbagai daerahpun ada nasi semacam ini…

a. di Jombang disebut SEGO SADHUKAN
b. di Sidoarjo (terutama Sukodono) disebut SEGO TABOKAN

Hehehehe, namanya lucu-lucu…tapi bukan berarti makannya sambil ditabok/tempong/sadhuk gitu…saking merakyatnya aja, tapi beneran enak juga…

Saya tapi nggak habis pikir, kenapa dalam bahasa Slang kok TEMPONG artinya ‘XXX’?


Actions

Information

2 responses

22 07 2008
infogue

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/nasi_tempong_masakan_khas_banyuwangi

3 04 2012
iin

tempong itu tampar artinya.
lalu apa bedanya sego sadhukan, sego tabokan, sama sego tempong??

Leave a comment