Tip Hidup Sehat

8 04 2008

Oleh : Dra. Yuniati Ekaningsih, MM, Puslitbang SDM Balitbang Dephan


HIDUP SEHAT MENURUT Dr. TAN TIEW LIAT

Dengan berbagai pengetahuan yang dimilikinya ia sangat hati-hati mengkonsumsi makanan maupun minuman, ia tidak lagi minum kopi kendati dulu disukainya “Kalau orang setua saya (76 tahun) minum kopi sekali, berarti kortisol dalam waktu 24 jam, kortisol akan berkumpul jika terus mengkonsumsi kopi. Jika sudah demikian, segala penyakit akan datang, misalnya kita akan jadi pikun” katanya.
Air putih adalah minuman terbaik, karena dapat menggelontor lemak-lemak tubuh, seberapa banyak kita minum air putih per hari ? “Ukurannya yaitu sampai urine kita tidak berwarna, urine yang sehat adalah yang bening seperti air ledeng, tidak berwarna”. Katanya.
Dr. Tan menganjurkan kepada pasien-pasiennya untuk makan tomat, dan mentimun, saya perhatikan hanya dalam waktu tiga hari atau seminggu, kondisi kesehatan mereka mengalami kemajuan.
Ia sangat yakin, apabila setiap orang mau menjaga diri dan merawat diri, ia akan mendapatkan kesehatan yang prima, yang mempunyai usia hidup aktif. “Dampaknya tentu sangat positif yang jelas kita tidak merepotkan diri sendiri di usia lanjut dan tidak tergantung pada pasangan , anak-anak, atau orang – orang disekitar kita. Saya mempunyai tujuan mempertahankan anda hidup yang berkualitas demi kemanusiaan dengan mempraktekan kejujuran serta kebenaran untuk tujuan tersebut, tuturnya”.
Apakah yang dimaksud makanan dengan makanan yang seimbang ? Makanan yang seimbang adalah : makanan sehari hari yang mengandung berbagai zat gizi, dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk hidup sehat secara optimal. Komposisinya terdiri dari Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Ada beberapa cara hidup sehat yang dapat kita lakukan yaitu :

1. Istirahat Cukup : tidur sehari 6-8 jam.

2. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang terdiri dari : Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah sesuai kebutuhan tubuh untuk hidup sehat secara optimal.

3. Rutin Berolah raga 3 kali seminggu dalam waktu 1/2 -1 jam, tidak perlu memaksa dan membebani tubuh untuk berolah raga, terlalu berat, jalani degan teratur, nyaman dan menyenangkan, kita akan memperoleh hasil yang lebih baik.

4. Kendalikan Stress, melalui banyak cara :
a. Menyanyi
b. Rekreasi
c. Kerja jujur, tulus iklas & cepat
d. Positive Thinking

5. Sabar & mensyukuri nikmat dgn cara :
a. Tidak mudah marah
b. Tidak menganggap kita paling hebat
c. Komunikasi & menyayangi semua orang.
d. Mensyukuri nikmat dengan menyadari bahwa hidup ada akhirnya mensyukuri yang kita dapat, membagi kepada orang yang membutuhkan /beramal.

6. Berdo’a:
a. Supaya selalu diberi kesehatan Jiwa/ Raga
b. Supaya selamat hidup di dunia & akhirat

Bagaimanan Pola makanan yang baik untuk kesehatan jantung.
1. Gunakan aneka ragam bahan makanan dalam menu sehari-hari akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pengatur dan zat pembangun bagi tubuh kita.
2. Batasi makanan yang berlemak dan tinggi kolestrol : kuning telur, otak, jerohan, mentega, eskrim, keju, goring-gorengan santan kental.
3. Tingkatkan konsumsi kacang-kacangan dan hasil olahannya : tempe, tahu, susu kedelai.
4. Tingkatkan konsumsi serat : sayur-sayuran dan buah-buahan
5. Batasi pemakaian garam dapur maksimal 5 gm/ hari (1-1,5 sendok teh).

PANCA USAHA JANTUNG SEHAT.

SEIMBANG GIZI

ENYAHLAH ROKOK

HINDARI DAN ATASI STRESS

AWASI TEKANAN DARAH

TERATUR BEROLAH RAGA

CARA MEMASAK MAKANAN RENDAH LEMAK :
1. Dengan micro wave
2. Ditumis, diungkap, dikukus, direbus, dibakar, dipanggang.
3. Sebelum dimasak bahan makanan diambil lemaknya.
4. Gunakan bumbu sebagai pengganti rasa gurih dari lemak
5. Gunakan minyak tak jenuh, minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah, minyak bunga matahari, minyak ikan , minyak jaitun, minyak wijen, minyak kelapa sawit.
6. Batasi makanan yang digoreng.

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN :

1. DIET:
a. Diet yang benar yaitu makan 2-3 kali sehari secara teratur dengan gizi seimbang.
b. Kurangi makanan yang berminyak, berlemak dan santan.
c. Kurangi makanan yang manis
d. Perbanyaklah makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah.
e. Hindari minuman beralkohol.

2. OLAH RAGA.
a. Olah raga secara teratur 3 kali seminggu.
b. Cukup olah raga selama 1/2 hingga 1 jam agar badan tetap fit.
c. Olah raga sesuai dengan usia anda dan kondisi kesehatan anda
d. Tingkatkan kegiatan fisik sehari-hari

3. PERUBAHAN PERILAKU
Bulatkan tekad anda dalam usaha menurunkan berat badan dengan motivasi tinggi dan disiplin tinggi.

Bagaimana Mencegah Hipertensi ?
1. Diet tinggi serat, rendah lemak dan rendah garam
2. Tidak merokok
3. Istirahat cukup
4. Olahraga teratur
5. Menjaga Berat Badan
6. Mengukur tekanan darah secara teratur.

APAKAH PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN HATI ?
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2. Pola makan yang terlalu berlebihan
3. Tidak makan pagi
4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
6. Minyak goreng yang tidak sehat, sedapat mungkin dikurangi penggunaannya
7. Jangan mengkonsumsi makan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat kecuali dalam kondisi yang fit.
8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati, sayur mayur yang dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian , sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan terlalu lama.

BAHAN MAKANAN SUMBER ENERGI
1. Beras, jagung, sagu, ubi dan hasil olahannya
2. Sumber protein : Nabati (Tempe, tahu, kacang-kacangan)
3. Hewani (daging, telur, ayam dan ikan)

SUMBER :

Tips Hidup Sehat, Majalah Kartini, Nomor 2161, 16-30 Maret 2006,

Pola Makan Sehat, online http://budiboga.blogspot.com/2007/05/pola-makan-sehat.html


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: